Wabup Malang: Pembinaan Keuangan Desa merupakan hal yang penting, demi terwujudnya penggunaan anggaran Dana Desa secara tepat sasaran

TAJINAN-Pembinaan Keuangan Desa merupakan hal yang penting, demi terwujudnya penggunaan anggaran Dana Desa secara tepat sasaran hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H saat mewakili Bupati Malang Drs H Sanusi MM membuka Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2022 di wilayah Kecamatan Tajinan, Bululawang, dan Wajak. Turut hadir pada acara ini Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi S.Sos, Perwakilan Kapolres Malang, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala DPMD Kabupaten Malang, Camat Tajinan, Bululawang, Wajak, serta seluruh Kepala Desa di wilayah Kecanatan Tajinan, Bululawang, Wajak. 

Wakil Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, berbicara tentang desa ada 5 hal perlu diperhatikan yaitu perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pencatatan, dan pelaporan. Dimana kelima hal ini sangat memungkinkan terjadinya masalah. 

“Sebuah perencanaan harus sesuai dengan visi dan misi Kepala Desa, sedangkan penganggaran juga harus melalui verifikasi camat dan jika ada kesalahan camat juga berhak diperiksa karena ini merupakan kerja bersama dan proses pertanggung jawaban ditanggung bersama,” sambung Wakil Bupati Malang 

Wakil Bupati Malang juga menekankan kepada para Camat, karena camat sebagai verifikator tidak boleh secara keseluruhan hanya diserahkan kepada Kasi Pemerintahan dan hanya menerima beres. “Camat harus tau betul bahkan kalau perlu di buatkan papan laporan setiap desanya yang ada di wilayah kecamatan serta mengarahkan Kepala Desa dalam mensingkronkan hal-hal penganggaran sesuai dengan visi-misinya,” tutur Wakil Bupati Malang 

Pada kegiatan ini juga menghadirkan pemateri kompeten dalam bidangnya. Selain Inspektorat, juga dihadirkan dari Kejaksaan dan Kepolisian, Kejaksaan bahkan Ketua DPRD secara langsung. "Tujuannya jelas, yakni agar jalannya pembangunan di tingkat desa dapat terealisasi sesuai target, serta mampu menjawab berbagai persoalan yang ada, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat dan partisipasi publik akan meningkat, yang mana pada gilirannya hal ini akan menjadi modal berharga guna mencapai kemajuan, kemakmuran, sekaligus kesejahteraan rakyat," kata Wakil Bupati Malang.

Wakil Bupati Malang berpesa kepada seluruh Kepala Desa dan Sekertaris Desa yang hadir pada hari ini bahwa, kegiatan ini merupakan kesempatan untuk menanyakan bagaimana sebuah proses yang mendekati kata ideal itu bisa dikunikasikan secara langsung kepada pama pemateri yang hadir pada hari ini. 

“Dengan tidak mengurangi rasa hotmat saya tutip kepada bapak ibu semuannya secara khusus para pemateri jika nanti ada pihak-pihak yang memungkinkan diantara para Kepala Desa ini ada problem yang belum terselesaikan agar dapat dimusyawarahkan bersama pada kesempatan ini,” pungkas Wakil Bupati Malang (Prokopim/Yus)

Share this Post: