Wakil Bupati Malang Terima CSR Bidang Pendidikan PT. Pancamas Elite

SINGOSARI -  Penyerahan Corporate Social Responsibility PT. Pancamas Elite Kepada Pemerintah Kabupaten Malang berupa Renovasi Accessories Pintu dan Jendela Sekolah SDN dan SMPN Kabupaten Malang diterima langsung oleh Wakil Bupati Malang Drs. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H saat me-Launching CSR Bidang Pendidikan PT. Pancamas Elite yang bertempat di Halaman SMPN 6 Singosari Jl. Perusahaan Raya No.20 Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada Kamis (24/11) pagi.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Utama PT. Pancamas Elite dan jajaran, Jajaran Kepala OPD terkait, Camat dan Muspika Singosari, Camat dan Muspika Lawang, Camat dan Muspika Karangploso, Pengawas Dinas Pendidikan Korwil Singosari,Lawang dan Karangploso, Kepala Desa Tunjungtirto serta Kepala Sekolah SMPN 6 Singosari.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya melakukan percepatan pembangunan pada seluruh sektor prioritas. Di dalamnya termasuk juga pada sektor pendidikan. Baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi juga Pemerintah Kabupaten/Kota, telah berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan dengan menggelontorkan anggaran dalam jumlah yang besar. Namun dengan kondisi geografis juga sebaran fasilitas yang masih perlu terus ditingkatkan, menjadikan kondisi tersebut sebagai tantangan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh stakeholders terkait termasuk Kabupaten Malang. 

"Maka dari itu, diperlukan adanya sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan pihak swasta yang dalam hal ini adalah perusahaan guna memberikan dukungan dalam percepatan pembangunan pada sektor pendidikan di Kabupaten Malang melalui program CSR. Dapat kita ketahui bersama, bahwa masih terdapat cukup banyak permasalahan dunia pendidikan yang harus kita carikan jalan keluarnya. Seperti dalam hal keterbatasan daya tampung sekolah, kondisi geografis, juga kerusakan sarana dan prasarana pendidikan," pungkas Wakil Bupati Malang.

Maka pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Malang memberikan dukungan sepenuhnya terhadap langkah yang diambil oleh PT Pancamas Elite dalam rangka memberikan dukungan fasilitas penunjang pendidikan di SMP Negeri 6 Singosari. Pemerintah Kabupaten Malang jug terus mendorong agar perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Malang dapat mengambil langkah serupa guna berpartisipasi dalam percepatan pembangunan sumber daya manusia dari sektor pendidikan di Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang juga mengajak agar para penyalur CSR dapat meningkatkan pendanaan terhadap pembangunan sarana prasarana pendidikan kurang layak baik yang disebabkan karena usia teknis bangunan maupun bencana alam. Termasuk juga dalam bentuk bantuan biaya pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu. Di sisi lain, Pemerintah juga terus berupaya untuk memfasilitasi peran pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri melalui program tanggung jawab sosial. "hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing pembangunan daerah dan keunggulan perusahaan yang ada di Kabupaten Malang," tambah Wakil Bupati Malang.

Dalam laporan, PT. Pancamas Elite merupakan industri pengecoran logam yang memproduksi barang barang diantaranya adalah handle, accessories pintu dan jendela. PT. Pancamas Elite didirikan tahun 1987 di Kabupaten Malang. Selama tahun 1987-1997 merupakan perusahaan patungan dengan Taiwan yang memberikan support teknologi terhadap seluruh proses produksi. Sejak awal tahun 1998 hingga saat ini, PT.Pancamas Elite menjadi satu satunya perusahaan handle lokal dengan tetap mengadopsi teknologi Taiwan.

Sebagai wujud rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan sekitar, PT. Pancamas Elite Malang akan melaksanakan Program Corporate Social Responsilibilty (CSR) terhadap Lembaga Pendidikan di Kabupaten Malang. "CSR ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab perusahaan kami kepada masyarakat dan lingkungan sekitar," ujar perwakilan Dirut Pancamas Elite. 

Selain itu, total yang disumbangkan CSR PT. Pancamas Elite senilai 200 juta yang disalurkan ke satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Malang mulai jenjang PAUD, SD, SMP hingga SMA. Menurut Dikrektur PT. Pancamas Elite , pemberian CSR tersebut adalah langkah tepat mengingat banyak sekolah yang memerlukan perbaikan infrastruktur pasca pembelajaran jarak jauh akibat covid-19. Selain itu hal ini juga dirasa penting untuk kenyamanan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Selain itu pemberian CSR ini juga sebagai bentuk promosi produk-produk perusahaan kepada masyarakat sehingga diharapkan PT. Pancamas Elite bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat. (prokopim/dhe)

 

 

Share this Post: