Detail Berita

KUNJUNGAN PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM IV PPSDM REGIONAL MAKASSAR KE KABUPATEN MALANG

Oleh: / 14 August 2018

blgo image

Sebanyak 40 peserta Benchmarking Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) Angkatan XXIX Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Makasar Tahun 2018 bertandang ke Kabupaten Malang pada Kamis (9/8). Asisten Pemerintah Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Abdul Kodir, berkesempatan untuk menerima kunjungan tersebut di ruang Anusapati Pemkab Malang.

 

Mengawali sambutannya, Abdul Kodir menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta Benchmarking Diklatpim IV Angkatan XXIX PPSDM Regional Makasar Tahun 2018  sekaligus menyampaikan ungkapan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Malang sebagai sasaran kunjungan serta berharap agar kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara kedua pemerintahan daerah. 

Lebih lanjut, Abdul Kodir kemudian memaparkan beberapa informasi untuk memberikan gambaran umum Kabupaten Malang yang memiliki posisi geografis yang cukup strategis karena berbatasan dengan sembilan kabupaten/kota dan Samudera Indonesia. Dengan luas wilayah sekitar 3.534,86 km2, Kabupaten Malang berada di urutan luas terbesar kedua dari 38 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Kepala PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar, La Ode M. Salmar selaku kepala rombongan mengungkapkan dipilihnya Kabupaten Malang sebagai lokus kunjungan didasarkan pada pertimbangan karakter wilayah Kabupaten Malang yang cukup luas yaitu di urutan kedua di antara 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur serta berbatasan dengan sembilan kabupaten/kota sehingga memiliki posisi yang cukup strategis. 

Kondisi ini memiliki kemiripan dengan daerah-daerah di Sulawesi. Oleh karena itu, berulang kali La Ode mengingatkan para peserta agar dapat menyerap dinamika pemerintahan di Kabupaten Malang terutama dari segi geografis dan topografisnya.  “Jadi saudara-saudara tidak hanya mengamati lokus benchmarking yang kita tuju saja tapi harus lebih luas lagi. Karena ada kedekatan-kedekatan geografis maupun topografis yang bisa kita bangun ketika kembali ke tempat kita masing-masing,” tegas La Ode.


Usai menyimak sambutan dan paparannya dari Asisten I Sekda Kabupaten Malang, para peserta Benchmarking Diklatpim IV  Regional Makassar melanjutkan dialog secara langsung dengan para pejabat terkait sasaran yang dituju peserta Benchmarking, yaitu Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang. (Bid. PDIA-BKD)

Berita Lainnya