Detail Berita

HARUS MAMPU LAYANI 600 WARGA, BUPATI INGINKAN TIAP PNS KABUPATEN MALANG MENJADI SUPERMAN

Oleh: / 27 September 2018

blgo image

Sebanyak 193 Pegawai Negeri Sipil (PNS) menghadiri upacara Pelantikan dan Pengukuhan Sumpah Jabatan Fungsional serta Pengukuhan PNS yang Diberi Tugas Tambahan sebagai Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan (Korwil Disdik).  Ke-193 PNS tersebut terdiri atas 12 auditor, 3 orang P2UPD (Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah), 169 guru, 1 pamong belajar, 1 dokter, 1 perawat, 2 asisten apoteker, 1 nutrisionis, 1 pranata laboratorium kesehatan, serta 2 Korwil Disdik. Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Malang, Rendra Kresna pada Kamis (27/9) ini bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

 

Mengawali sambutannya Rendra menjelaskan kondisi terkini di Kabupaten Malang. Bahwasanya saat ini terdapat ketimpangan antara rasio jumlah ASN sebagai pelayan masyarakat dengan jumlah masyarakat yang harus dilayani di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Jumlah ASN yang belum ideal ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat yang terus tumbuh dan berkembang. Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh ASN di Kabupaten Malang. Namun demikian kita tidak mungkin hanya pasrah dan menyerah pada kondisi yang timpang dan serba terbatas, baik dari segi sumber daya manusia, anggaran maupun sarana dan prasarananya.

 

Sebagai informasi saat ini jumlah PNS di Kabupaten Malang adalah sebanyak 12.767 orang. Jumlah ini dituntut dapat memberikan pelayanan prima kepada penduduk Kabupaten Malang yang jumlahnya kurang lebih sebanyak tiga juta jiwa. Dari 12.767 PNS, 8000 di antaranya berprofesi sebagai guru. Praktis jumlah PNS yang memberikan layanan umum sekitar 4.767 PNS saja. Jika dibandingkan antara jumlah tersebut dengan penduduk di Kabupaten Malang maka rasio nya masing-masing PNS harus dapat memberikan pelayanan kepada kurang lebih 600 orang.

 

Untuk itulah Rendra mengajak pada segenap hadirin khususnya PNS yang baru saja dilantik dan dikukuhkan untuk selalu meningkatkan etos kerja dan kinerja jika tidak mau kedodoran. “PNS di Kabupaten Malang tidak bisa menjadi standar-standar saja, kita harus bekerja melampaui kemampuan rata-rata manusia biasa, saudara-saudara semuanya harus menjadi Superman”. Karena jika idealnya satu PNS hanya melayani 50 warga, maka PNS di Kabupaten Malang harus mampu melayani 600 orang. Di akhir sambutannya, Rendra mengingatkan semangat untuk bekerja itu harus diikuti dengan keikhlasan. Karena jika kerja yang diikuti keikhlasan akan bernilai ibadah. (Bid. PDIA-BKD)

Berita Lainnya