Detail Berita

RESMIKAN LABORATORIUM COMPUTER ASSISTED TEST, BUPATI INSTRUKSIKAN ASN KABUPATEN MALANG HARUS KUASAI TEKNOLOGI

Oleh: / 26 September 2018

blgo image

“Saya ucapkan selamat kepada BKD yang telah banyak melakukan terobosan-terobosan”. Ucapan selamat ini disampaikan oleh Bupati Malang saat meresmikan fasilitas Laboratorium Computer Assisted Test (Lab CAT) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang di Aula Kawasan Ekonomi Kreatif Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Rabu (26/9).

 

Lebih lanjut dalam sambutannya, Rendra mengapresiasi inovasi-inovasi yang dimunculkan oleh BKD Kabupaten Malang. Sebelumnya di tahun 2017 BKD Kabupaten Malang telah melakukan terobosan dengan menggagas ajang Anugerah PNS Berprestasi yang dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada PNS di Kabupaten Malang yang berdedikasi dan berprestasi tinggi. PNS yang memenangkan ajang Anugerah PNS Berprestasi berhak untuk mendapatkan bantuan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dari Pemkab Malang serta tentunya diprioritaskan untuk mendapatkan promosi jabatan. Kini Anugerah PNS Berprestasi telah menjadi event tahunan BKD sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT Kabupaten Malang.

 

Tak lupa Bupati juga menyisipkan amanat Presiden Joko Widodo yang senantiasa menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital di samping juga penguasaan bidang ekonomi jika bangsa Indonesia tidak ingin tertinggal dari negara-negara lainnya. Menekankan pentingnya ASN menguasai teknologi digital, Rendra pun menyinggung fasilitas Surat Warga—fasilitas bagi warga Kabupaten Malang yang ingin melaporkan berbagai permaslahan terkait layanan pemerintahan-- di laman malangkab.go.id yang terkesan tidak dipelihara. Hal ini dikatakan Rendra, menunjukan ketidakpedulian, sampai-sampai ada surat elektronik yang dikirimkan oleh warga belum mendapatkan respon padahal sudah dikirimkan 6 bulan yang lalu. ”Kita dimudahkan dengan teknologi, kita dimudahkan dengan kemajuan-kemajuan zaman tapi kita nggak manfaatkan”, sesal Rendra.

 

Menyikapi hal tersebut, Rendra menginstruksikan kepada seluruh jajarannya termasuk semua kepala Perangkat Daerah yang hadir dalam seremoni peresmian Lab CAT BKD untuk mengubah presepsi terhadap keberadaan surat elektronik. “Setiap hari sebelum mulai pekerjaan cek dulu surat elektronik dari warga”, tegas Rendra. Bupati juga memerintahkan para kepala perangkat daerah untuk diagendakan menjalani tes kompetensi berbasis komputer guna mengetahui sejauh mana penguasaan mereka terhadap teknologi digital.

 

Sebelumnya, Kepala BKD Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah dalam laporannya kepada Bupati menyampaikan bahwa keberadaan Lab CAT merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “...karena era zaman now ini tidak bisa ditawar lagi bahwa objektivitas dalam kerangka asesmen sangat dibutuhkan, disitulah peran Lab CAT ini”, terang Nurman. Nurman menambahkan bahwa dari 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur baru beberapa saja yang telah memiliki fasilitas Lab CAT.

 

Fasilitas Lab CAT BKD Kabupaten Malang ini terletak di Lantai Dua Gedung Sekretariat Daerah, tepatnya memanfaatkan ruangan yang sebelumnya dipakai oleh  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Ruangan yang dapat menampung 30 peserta dalam satu kali tes ini dilengkapi dengan 30 perangkat komputer terbaru. Jumlah ini memang belum memenuhi kondisi ideal sebuah Lab CAT untuk dapat digunakan mengadakan berbagai tes berbasis komputer, terutama tes penerimaan CPNS. Diharapkan nantinya Lab CAT BKD Kabupaten Malang setidaknya memiliki 100 unit komputer.

 

Usai meresmikan fasilitas LAB CAT BKD Kabupaten Malang, Rendra menyempatkan untuk meninjau langsung ruangan. Sebagai informasi, usai diresmikan penggunaannya oleh Bapak Bupati, pada hari yang sama, Laboratorium CAT baru ini langsung dimanfaatkan oleh BKD Kabupaten Malang untuk menyelenggarakan seleksi babak penyisihan ajang Anugerah PNS Berprestasi 2018. Sebanyak 45 PNS peserta Anugerah PNS Berprestasi 2018 yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi akan berkompetisi di babak penyisihan untuk menyelesaikan ujian berbasis komputer. Soal-soal yang diujikan meliputi materi tentang Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Pengetahuan Umum, Tes tentang Kepegawaian dan tentunya materi tentang Kabupaten Malang.  (BKD Kabupaten Malang-Bid. PDIA)

Berita Lainnya