Detail Berita

PEMBUKAAN DIKLATPIM TINGKAT III ANGKATAN II TAHUN 2019

Oleh: / 06 March 2019

blgo image

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompentensi sumber daya aparatur pemerintahan untuk jenjang jabatan eselon III, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan II Tahun 2019 yang diikuti oleh 32 pejabat eselon III B dan 4 orang pejabat eselon III A. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 4 Maret s.d. 14 Juni 2019 di PSBB MAN 3 Kota Malang ini secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Rachmat Hardijono, Selasa (5/3).

Bertempat di ruang Rapat Anusapati, Rachmat juga berkesempatan membacakan sambutan Wakil Bupati Malang, Sanusi. Mengawali sambutannya, Rachmat menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat administrator yang terpilih mengikuti Diklatpim Tk. III ini. Dengan mengikuti Diklatpim III para peserta akan memasuki komunitas baru yaitu learning community sebagai ajang untuk mengasah dan mengembangkan kompetensi sebagai seorang pejabat eselon III yang merupakan posisi middle manager yang memiliki peran strategis dalam perencanaan program pembangunan.

Lebih lanjut Rahmat menambahkan bahwa seiring dengan meningkatnya tingkat literasi masyarakat, meningkat pula harapan dan tuntutan terhadap lembaga penyelenggara pemerintahan. Untuk itu sebagai lembaga yang dibentuk untuk melayani masyarakat maka harus selalu melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Inovasi telah dijadikan sebagai cara untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi di sektor publik, dengan demikian sektor publik dapat menjadi sektor yang dapat mengakomodasi dan merespon secara cepat setiap perubahan yang terjadi”, tegas Rahmat.

Di akhir sambutannya, Rahmat menekankan pesan dari Wakil Bupati kepada seluruh peserta bahwa keberadaan para peserta dalam Diklatpim III ini adalah untuk mengasah kemampuan dan menggali ide-ide brilian dalam melakukan inovasi penyelenggaraan birokrasi pemerintahan. Untuk itu, Rahmat berharap agar para peserta dapat memanfaatkan secara optimal kesempatan emas ini dengan melahirkan inovasi-inovasi baru, yang nantinya dapat memperbaiki kinerja para peserta ketika kembali instansi masing-masing.

Sebelumnya, dalam laporan kegiatan, Kepala BKPSDM Nurman Ramdansyah menyampaikan bahwa penyelenggaraan Diklatpim III ini akan menerapkan kurikulum pembelajaran yang terbagi ke dalam empat tahap yaitu tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, tahap membangun komitmen bersama, tahap merancang perubahan dan membangun tim, tahap laboratorium kepemimpinan dan tahap evaluasi. Sementara para pengajar dan narasumber yang akan menyampaikan materi diklat antara lain berasal  dari tim widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur,  Lanud Abdurrahman Saleh, Rindam V Brawijaya, Pejabat Struktural di Kabuaten Malang. (Bid.PDIA-BKPSDM)

Berita Lainnya